Minggu, 11 Oktober 2015

Ceramah singkat Maulid Nabi



ASSALAMMUALAIKUM WR.WB

Alhamdulillah  hirobil  allamin  wassolatuwasalam  muala assropil  ambiah  iwall  mursalin  waala allihi  wa sobihi  aj’main. Ammaba’du.
         Yang saya  hormati bapak kepalah sekolah beserta staf dewan guru dan teman teman yang insya allah dimuliahkannya
Perkenankanlah  dalam kesempatan yang baik ini saya akan menyampaikan ceramah kita pada hari ini yang berjudul “menyongsong hari maulid nabi saw”
Teman teman yang dirahmati allah swt kita sebagai manusia yang dalam hidupnya selaluh mengharapkan rahmat,taupik serta hidayah dari allah swt.
Maka hendaknyalah kita selamah masih hidup selalu berusaha agar menjadi manusia yang berbakti kepada allah swt dalam arti yang sebenarnya.
 kita harus berjuang dan beramal sesuai dengan apa yang sudah  digariskan allah dalam sariat agama islam.jangansampai kita melakukan hal-hal yang tidak baik agar hidup kita mendapat rahmat dan perlindungan dari allah swt.sebab allah sudah berfiman yang artinya:


     “Dan apa bila kamu beriman serta bertaqwa kepadah allah swt maka bagimu adalah pahala yang besar”
                                                                                         (Q.S.  al-imron :179)
Teman-teman yang dirahmati allah swt
Kini bulan maulid telah tiba maka marilah kita sama-sama  menyongsong datangnya bulan maulid ini dengan rasa hormat khidmat dan gembira.apa sebabnya teman teman justru dalam bulan maulidlah dilahirhan seorang pemimimpin dunia yang sangat besar ,jujur dan dapat  percaya(hotamul nabiyin)yang menjadi penutup segalah nabi yang berjuang dengan jiwa raganya mengajak manusia kejalan yang benar yang diridhoi allah swt yaitu nabi Muhammad saw.
Maka selayaknya kita didalam bulan maulid ini umat islam diseluruh dunia sama sama merayakan hari besar maulid nabi.
beliau sebagai pemimpin dan pembimbing rohani umat yang betul betul patut dicontoh dalam segalah gerak gerik hal ihwal,tingkah laku amal perjuangannya.kalau kita teliti dalam lembaran sejara tentang peri hidup nabi muhammad maka disanalah kita dapat mengambil kesimpulan bahwa belia adalah satu satunya yang iklas dalam perjuangannya niatnya suci,tujuannya luhurtidak minta dipuji maupun dipuja masyarakat untuk mencarikeridhaan allah swt sehingga dengan demikian ,beliau mendapatkan sebutan dari kaumnya ialah”al-amin”yakni orang yang dipercaya setelah merekah mengetahui bahwa segalah  ucapan beliau sungguh sungguh niat dan ‘amalnya.tugasnya teman teman beliau tidak hanya pandai berbicara tapi juga pandai beramal.
Kalau beliau melarang sesuatu sesuatu perbuatan ,dengan amal-amal  yang nyata betapa luhurnya tuntunan agama islam dan syariatnya  itu yang maksud nya supaya manusia suka beramal seperti beliau sukah mengamalkan syariat islam dengan sungguh –sunggu.beliau sangat berjasa dalam perkembangan islam.
Teman teman yang dirahmati allah.
Tidak bosan bosannya beliau mengajak masyarakat untuk menyembah allah swt.beliau berjuang dengan sungguh sunggu agar “aqidah islam”dapat ditanamkan dalam hati sanu bari umatnya agar manusia tidak menempuh jalan yang sesat tidak berbuat durhaka kepada allah swt.sebenarnya agama yang di bawah oleh beliau tidaklah menghambat kemajuan karena islam mewajibkan orang mencari ilmu .
Berkat perjuangan beliau yang suci dan murni umat islam tidak bercerai berai lagi dapat hidup rukun dan damai duduk saa rendah berdiri sama tinggi dibawah naungan tauhid.
Demikianlah gambaran dari selayang pandang perihidup nabi Muhammad saw dalam membimbing ummatnya kearah jalan hidup yang benar yang diridoi oleh allah swt.
Akhirul kalam marilah kita menyongsong hari maulid nabi saw dengan rasa hormat dan hikmat, semoga dengan datangnya hari maulid nabi ini menambah  kesadaran bagi kita untuk lebih rajin menuntut ilmu dan mengamalkan ajaran agama yang suci dan luhur ini ,semoga kita dapat mencontoh kepada tindak amal perjuangan rosullulah saw sehingga cahaya agama tetap akan bersinar dalam hati  kita semua, a’min
Demikianlah yang dapat saya sampaikan semoga ada hikmahnya untu kita semua,Akhir  salam saya ucapkan :
wallakum mingkum wasalammualaikum wr.wb  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar